MAHASISWA KKN STAI PATI MEMAHAMI PERAYAAN KATHINA AGAMA BUDHA

saat para mahasiswa KKN desa posko desa Jrahi memberikan salam kepada para tamu umat Budha

Pati-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAI Pati yang bertempat di posko desa Jrahi menghadiri kegiatan perayaan hari Kathina umat Budha di Vihara Saddhagiri, desa Jrahi kecamatan Gunungwungkal, malam hari (8/11/2018). Dalam kegiatan tersebut mahasiswa KKN posko desa Jrahi tidak menyia-nyiakan kesemptan itu untuk bisa ikut andil berpartisipasi dan mendapat tugas sebagai penerima tamu. Hal itu dilakukan agar supaya dapat membaur dengan masyrakat dan mempelajari keberagaman umat beragama di desa Jrahi, khususnya perayaan budaya Agama Budha.

 

 

 

kepala desa bapak Surani sedang memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang ajaran Budha

Rifan salah satu dari mahasiswa KKN posko Jrahi mengatakan, bahwa hal ini menjadi bentuk aplikasi KKN dalam memahami budaya agama masyarakat lokal.
“kegiatan ini merupakan salah satu upaya agar dapat belajar dan membantu masyarakat di waktu sela-sela kegiatan KKN”, ujarnya.

Kathina merupakan salah satu hari suci umat Budha. Hari Kathina juga dapat dikatakan hari Berdana kepada anggota Sangha. Kegiatan hari raya itu bertujuan untuk upacara pemberian dana kepada Sangha. Dan Dana itu akan dikelola untuk kebutuhan Bikkhu.
Surani selaku ketua desa Jrahi menjelaskan, dana itu dalam pemberiannya tidak dibatasi besar atau kecil dari segi jumlahnya. Dan hari Kathina pun biasa dilakukan hanya paruh satu tahun sekali.
“jadi setelah para Bikkhu menjalankan vasa selama 3 bulan, terus setelah itu kita merayakan dengan memberikan dana”, terangnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan